Simbol Perusahaan

TORAY

Logo perusahaan yang dipakai di Toray Industries, Inc, atau yang dikenal dengan simbol TORAY, didesain pertama kali tahun 1986 untuk menandai peringatan 60 tahun berdirinya perusahaan . Simbol tersebut melambangkan Toray sebagai perusahaan, karyawannya, fasilitas dan aset yang dimilikinya. Tanda kutipan tunggal di nama Toray (' ') melambangkan antusiasme perusahaan terhadap dialog yang menjunjung tinggi komunikasi aktif antara karyawan Toray dengan pihak eksternal, serta keinginan kita untuk tetap berperan penting di masyarakat. Logo ini telah menjadi logo Toray selama 20 tahun lebih, sejak mengadopsinya di tahun 1986. Warna lambangnya adalah biru Toray, berwarna biru gelap yang menekankan penyempurnaan dan presisi secara intelektual selain juga menonjolkan unsur fesyen. Warna ini juga dapat menggambarkan sebagai biru yang “intelijen/cerdas”.

Transformasi simbol perusahaan

Simbol ini telah mengalami tiga kali perubahan dan dapat dilihat evolusinya dibawah ini:

1926-1963

No victory without unity

No victory without unity

Toyo Rayon Co, Ltd didirikan tahun 1926 sebagai produsen Rayon Viskos. Adapun desain logo pada awal pada waktu itu berupa 3 cincin yang saling melingkar satu sama lainnya yang berada didalam lingkaran garis ganda,. Logo ini melambangkan kesempatan yang diterima dari surga, kelebihan yang diperoleh dari tanah/bumi, serta keselarasaan/ harmoni diantara manusia., selain juga melambangkan keempat huruf dari nama Toyo tersebut. Menghadapi Depresi tahun 1930an dan penurunan pendapatan di pasar serat dan tekstil segera setelah berdirinya perusahaan serta kesemrawutan yang terjadi paska perang dunia ke II, namun Toyo Rayon telah mampu melewati masa sulit tersebut. Namun demikian, sejalan dengan pemulihan dan penguatan ekonomi Jepang di dekade 1950 dan 1960, Toyo juga berhasil memperluas usahanya menjadi manufaktur serat/fiber sintetis.

1963-1969

Bobbin style logo

Bobbin style logo

Setelah masa Perang Dunia II, versi singkatan dari nama Toyo Rayon Co.,Ltd telah banyak dikenal. Setelah memilih dan mempertimbangkan antara Tore atau Toray sebagai kemungkinan versi nama inggrisnya, akhirnya nama Toray lah yang dipilih. Logo perusahaan telah di desain ulang dan para pemegang saham (baik internal maupun eksternal) menyetujui logo yang berbetuk pita (bobbin).

1970-1986

Global Toray

Global Toray

Setelah melakukan restrukturisasi usaha Toyo Rayon Co,Ltd pada 1 Januari 1970, perusahaan resmi berganti nama menjadi Toray Industries, Inc. dan usahanya pun telah tumbuh pula melampaui Nama Toyo Rayon Co, Ltd. Pada waktu itu, Toray telah menjelma dari sebelumnya penghasil serat sintetis menjadi perusahaan kimia yang komprehensif dan beroperasi di berbagai sektor produk kima olahan termasuk plastik dan bahan farmasi. Selanjutnya dalam upaya menjadi perusahaan bertaraf internasional, dipandang perlu/penting untuk memperluas operasinya dari "Toray untuk wilayah Asia Timur/Orient" menjadi Toray yang mendunia/ Global Toray. Dengan demikian kita telah membawa nama dan logo barunya untuk merealisir/mewujudkan keinginan kita tersebut secara nyata.

1986-

Communicating with society at large to ensure mutual growth

Communicating with society at large to ensure mutual growth

Komunikasi dengan masyarakat luas guna memastikan pertumbuhan bersama.
Tahun 1986 menandakan 60 tahun berdirinya perusahaan. Enam puluh tahun beroperasi sebagai industri teknik kimia menjadi patokan yang cukup signifikan dan kita mengambil waktu/kesempatan ini untuk memperkenalkan "Kampanye Fondasi Baru", mengarahkan Toray menuju pembaharuan. Segera setelah dilakukan penandatanganan "Plaza Accord" pada Sepetember 1985, nilai tukar Yen telah menguat dengan pesat dan masa tersebut menjadi periode perubahan besar tidak hanya bagi industri serat dan tekstil tetapi untuk keseluruhan industri di Jepang. Toray telah memfokuskan pada restrukturisasi operasional bisnis, menguatkan struktur perusahaan serta melakukan ekspansi global dengan cara mengembangkan industri-industrinya diluar Jepang yang telah dirintis sejak tahun 1960an. "Kampanye Fondasi Baru" ini menekankan untuk memperbaharui keperdulian karyawan Toray dan simbol baru agar diperkenalkan secara luas sebagai wujud penggantian identitas perusahaan. Desain logonya dibuat oleh Collin Forbes , pendiri perusahaan Pentagram-Amerika, yang dipilih oleh Toray karena keaslian konsep serta warna "Biru Cerdas/intelijen nya". Tanda kutipan tunggal (' ') pada nama Toray digunakan di logo yang ditulis dalam bahasa Inggris untuk menjelaskan dialog dan kemunculan perusahaan. Simbol ini didesain untuk menjelaskan komitmen Toray Group untuk selalu aktif berkomunikasi dengan masyarakat luas demi memastikan kemajuan bersama. Simbol ini juga mengekspresikan ambisi Grup untuk menjadi " perusahaan yang nyata keberadaannya " di abad ke 21.

Selanjutnya untuk memperingati 80 tahun berdirnya perusahaan , perusahaan telah menambahkan slogan "Innovation by Chemistry/ Inovasi yang Kimiawi Selaras" sebagai slogan baru yang mendampingi simbol/logo perusahaan.