History

1990

Boeing 777 ©Boeing
Boeing 777 ©Boeing
Boeing 787 Photo All Nippon Airways Co., Ltd.
Boeing 787 Photo All Nippon Airways Co., Ltd.
Serat karbon TORAYCA™
Serat karbon TORAYCA™

Prepreg serat karbon TORAYCA™ masuk kualifikasi sebagai material struktural utama untuk pesawat penumpang The Boeing Company.

Tahun 1961, serat anorganik mendapat perhatian sebagai material penguat pada plastik diperkuat serat (FRP - fiber reinforced plastics) untuk aplikasi penerbangan. Tahun tersebut, Toray memulai penelitian di bidang ini, dan berhasil mengembangkan serat karbon berbasis poliakrilonitril pada tahun 1970. Tahun 1971, uji produksi (1 t/bulan) dimulai di Shiga dan penjualannya dimulai dengan nama TORAYCA™. Kemudian, pada tahun 1973, pengoperasian fasilitas produksi skala penuh (5 t/bulan) diluncurkan di Ehime. Pada awalnya, aplikasi utamanya adalah joran, batang tongkat golf, dan peralatan olahraga lainnya, tetapi kami menambah kepercayaan terhadap produk kami sebagai material struktural sekunder pada aplikasi pesawat terbang, dan tahun 1990 prepreg Toray untuk pertama kalinya memenuhi kualifikasi sebagai material struktural utama (pada rakitan ekor) untuk Boeing 777. Sebagai respons, kami hadir di AS: perusahaan produksi prepreg tahun 1992 dan perusahaan produksi serat mentah tahun 1997. Pada Boeing 787, yang mulai operasional tahun 2011, prepreg dan kain TORAYCA™ digunakan di seluruh elemen struktural utama, termasuk sayap utama.