Tata Kelola Perusahaan

Kebijakan dasar

Sejak awal, salah satu prinsip manajerial Grup Toray yang menjadi tujuan perusahaan adalah untuk berkontribusi pada masyarakat. Grup ini telah mengembangkan Filosofi Manajemen yang menggabungkan prinsip ini.
Grup ini menyusun Filosofi Manajemen sebagai sebuah Filosofi Perusahaan, Misi Perusahaan, dan Prinsip Panduan Perusahaan. Di antara ketiganya, Misi Perusahaan menyerukan hubungan yang baik dengan pemegang saham dan menyatakan komitmen Grup untuk “Memberikan kepada pemegang saham kami manajemen yang dapat diandalkan dan tepercaya”. Selain itu, Prinsip Panduan Perusahaan menetapkan komitmen Grup untuk “Memperoleh kepercayaan masyarakat dan memenuhi harapan dengan bertindak adil sekaligus mempertahankan standar etika yang tinggi dan rasa tanggung jawab yang kuat serta menjaga transparansi dalam manajemen”.
Saat menetapkan struktur tata kelola perusahaan, Grup berusaha mewujudkan filosofi-filosofi ini sebagai kebijakan dasarnya.

Kerangka Struktur Tata Kelola Perusahaan Saat Ini

  1. Toray merupakan perusahaan dengan Dewan Auditor Perusahaan, dan anggota Dewan tersebut serta auditor perusahaan dipilih pada saat rapat umum pemegang saham.
    Anggota Dewan dan auditor perusahaan, sebagai pejabat yang langsung dipilih pada saat rapat umum pemegang saham, jelas mengenali tanggung jawab fidusia kepada pemegang saham yang telah mempercayakan manajemennya dan memenuhi perannya masing-masing dengan baik sembari menunjukkan akuntabilitas tentang status manajemen kepada pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya.
    Karena Grup Toray memasok material dasar ke berbagai industri dan memainkan peranan aktif secara global dalam lingkup bidang bisnis yang luas, berbagai risiko yang ada perlu dievaluasi secara multilateral berdasarkan keahlian yang relevan di lokasi kerja, tidak hanya untuk penilaian manajemen dan pengambilan keputusan tetapi juga untuk pengawasan. Untuk mencapai tujuan itu, Dewan Direksi merumuskan struktur yang di dalamnya anggota Dewan yang akrab dengan bisnis Grup Toray mengawasi manajemen dan membuat keputusan dari berbagai sudut pandang. Selanjutnya, Dewan Auditor Perusahaan mengawasi pelaksanaan operasi yang dilakukan anggota Dewan berdasarkan pada pengetahuan profesional dalam bidang-bidang seperti keuangan, akuntansi, dan hukum, selain memahami bisnis, dari sudut pandang yang sepenuhnya independen dari Dewan Direksi sebagai sebuah sistem untuk mengamankan transparansi dan keadilan pengawasan dan pengambilan keputusan.
  2. Dewan Direksi mengawasi manajemen dan mengambil keputusan mengenai masalah-masalah manajerial penting demi pertumbuhan yang berkelanjutan dan peningkatan nilai perusahaan Grup Toray untuk jangka menengah hingga jangka panjang. Dewan Direksi menerapkan Otoritas Manajemen Tertinggi, sebuah aturan internal yang secara jelas menetapkan masalah penting terkait dengan otoritas pengambilan keputusan mana yang dipegang oleh Dewan Direksi dan masalah yang berhubungan dengan pengambilan keputusan mana yang didelegasikan kepada manajemen, termasuk Presiden.
    Untuk masalah yang terkait dengan otoritas pengambilan keputusan mana yang dipegang oleh Dewan Direksi, panduan khusus mengenai tingkat kepentingan ditetapkan berdasarkan derajat dampaknya pada status keuangan Perusahaan dan faktor lainnya, untuk memastikan bahwa operasi bisnis keseluruhan Grup Toray, termasuk perusahaan-perusahaan Grup, tercakup berdasarkan tingkat kepentingannya, selain masalah yang ditetapkan dalam hukum dan perundang-undangan.
  3. Toray membentuk Komite Tata Kelola sebagai alat penasihat bagi Dewan Direksi untuk melaporkan kepada Dewan Direksi masalah-masalah penting terkait dengan tata kelola Perusahaan dalam jangka menengah hingga jangka panjang. Komite Tata Kelola terdiri dari Ketua Dewan, Presiden, dan semua direktur luar, serta seorang direktur luar yang bertindak sebagai ketua.
  4. Auditor perusahaan dan Dewan Auditor Perusahaan mengaudit pelaksanaan tugas-tugas anggota Dewan dan menerapkan masalah lain yang ditetapkan dalam hukum dan perundang-undangan dari sudut padang yang sepenuhnya independen dari Dewan Direksi, dan berusaha membentuk struktur tata kelola yang efektif melalui aktivitas mereka.

    Auditor perusahaan dan Dewan Auditor Perusahaan bekerja sama dengan auditor independen untuk menjalankan audit yang sesuai, serta memilih dan mengevaluasi auditor independen berdasarkan standar yang sesuai.

Struktur Tata Kelola

Struktur Tata Kelola